Rabu, 13 November 2013

Hiu Goblin (Mitsukurina Owstoni)


Hiu goblin ini sangat jarang terlihat. hiu goblin adalah hiu perenang lambat. Hiu Goblin ini merasa sangat nyaman tinggal di bagian dasar laut yang sangat dalam dekat dengan lantai laut. Mereka tidak suka terkena sinar matahari sehingga mereka kadang-kadang disebut sebagai hiu vampir. Angka populasi dari mereka bahkan tidak dapat diperkirakan karena kurangnya penampakan darihiu goblin ini. Hiu goblin dapat tumbuh hingga 3,8 meter.

Kadang-kadang hiu ini disebut "fosil hidup" karena hiu ini dipercayai adalah satu-satunya wakil yang masih ada dari keluarga Mitsukurinidae. Sejumlah kecil hiu goblin secara tidak sengaja tertangkap oleh nelayan dan para pelaut yang mencari ikan di laut.

Telah diamati bahwa hiu goblin ini hidup di sepanjang pantai Jepang, Teluk Meksiko, Samudra Pasifik, dan Samudra Atlantik. Makanan hiu goblin ini terdiri dari cumi, krustasea, dan ikan lain yang ditemukan di dasar laut. Sisi bawah moncong hiu goblin ini sangat berpori. Pori-pori ini dapat mendeteksi organ, yang kemungkinan digunakan untuk membantu hiu goblin dalam berburu mangsa

Karena memiliki bentuk yang aneh dan unik, beberapa individu yang telah melihat mereka di dalam air melaporkan bahwa hiu tersebut cacat dan rusak. Mereka menganggap ini adalah beberapa jenis spesies yang telah terlahir dengan masalah genetik.

Mereka memiliki cara yang sangat unik dalam menyerang mangsanya, ketika hiu ini mendekati mangsanya, hiu ini membuka rahangnya mirip dengan bagaimana manusia membuka mulut, kemudian mengisap dan menarik mangsa ke dalam mulut mereka di mana gigi yang sangat kuat sedang menunggu untuk mengkonsumsi mangsanya. Hiu goblin diyakini menjadi salah satu hiu yang sangat unik dari semua spesies ikan hiu.

Proses reproduksi hiu goblin pun belum di ketahui dengan baik. Karena mereka hidup begitu dalam di dalam air, sulit untuk mengetahui bagaimana proses tersebut berlangsung dan para peneliti sampai saat ini masih mempelajari karakter dari hiu goblin ini

Karena habitatnya yang jauh dari populasi manusia, hiu goblin ini tidak dinyatakan sebagai spesies hiu yang berbahaya bagi manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar