Jumat, 15 November 2013

Naga Laut Berdaun (Phycodurus Eques)


Hewan laut unik ini sangat terkait erat dengan kuda laut dan ikan tangkur pipa, dan satu-satunya anggota dari genus Phycodurus. Naga laut berdaun ini ditemukan di sepanjang pantai selatan dan barat Australia. Naga laut berdaun hidup di daerah perbatuan dan daerah yang di penuhi rumput laut.  Nama berdaun ini berasal dari  penampilan tubuh mereka yang dihiasi sesuatu yang mirip dengan daun atau rumput laut. Naga laut berdaun ini dapat tumbuh hingga 35 cm dan dapat hidup hingga 10 tahun.

Dengan tubuh yang dihiasi dengan sesuatu yang mirip dengan rumput laut, mereka dapat menyamar sebagai rumput laut dengan sangat sempurna. Seperti kuda laut, naga laut berdaun jantan bertanggung jawab dalam hal melahirkan anaknya. Proses ini cukup unik, setelah proses perkawinan, naga laut berdaun jantan dan betina saling mendekat, sang betina menyalurkan / mentransfer telur mereka yang bewarna cerah muda ke kantung spons jantan yang terletak pada bagian bawah ekornya. jumlah telur yang di produksi dapat mencapai 300 butir telur. Dalam jangka waktu sekitar 4 sampai 6 minggu, telur yang ada di kantung spons sang jantan ini akan menetas. Makanan utama hewan ini adalah plankton, krustasea kecil dan kutu laut. 

Naga laut berdaun ini sangat sering di tangkap oleh para penyelam untuk di jadikan binatang peliharaan dan bahkan di jadikan obat - obatan oleh beberapa kalangan. Karena penagkapan yang terlalu berlebihan tersebut,  jumlah mereka dilautan menyusut dengan sangat drastis. Dan pada awal tahun 1990 - san, pemerintah Australia menempatkan perlindungan untuk hewan ini. Polusi pencemaran dan hilangnya habitat mereka juga menjadi faktor utama berkurangnya jumlah naga laut berdaun di lautan.

Saat ini naga laut berdaun tercatat sebagai hewan yang terancam punah.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar