Selasa, 19 November 2013

Paus Pembunuh (Orcinus Orca)


Paus pembunuh di sebut juga paus orca. Paus pembunuh termasuk dalam spesies lumba - lumba dan tercatat sebagai spesies lumba - lumba terbesar. Paus pembunuh ini adalah salah satu predator dunia yang terkuat. Paus pembunuh ini ditemukan di semua lautan , dari kutub utara yang dingin sampai dengan daerah antartika ke lautan tropis yang bersuhu sedang. Paus pembunuh dapat hidup sampai dengan usia 80 tahun. Paus pembunuh tercatat dapat tumbuh hingg  9,7 meter dengan berat badan 10,000 kg.

Paus pembunuh adalah hewan yang hidup secara sosial, mereka biasanya berenang dalam kawanan yang dapat berjumlah 40 ekor paus pembunuh. Kawanan - kawanan paus pembunuh ini mempunyai selera makan yang berbeda dan teknik memangsa yang berbeda pula. Kerja sama paus pembunuh ini dalam berburu mangsa hampir sama dengan kerja sama kawanan serigala pada umumnya.

Paus pembunuh adalah hewan karnivora. Makanan mereka umumnya adalah ikan - ikan kecil di lautan dan cumi -cumi. Mereka juga memangsa mamalia laut lainnya seperti anjing laut dan singa laut. Bahkan paus pembunuh ini juga memangsa ikan hiu, ikan paus, lumba - lumba dan burung 
laut. Paus pembunuh ini dianggap sebagai puncak predator. Paus pembunuh dianggap unik karena bentuk kepala mereka yang memendek pada saat mereka tumbuh dewasa.

Paus pembunuh terbagi dalam beberapa tipe yaitu tipe A, B ,C , dan D. Tipe - tipe paus pembunuh ini dapat di bedakan dengan pola makan mereka serta letak bintik putih yang ada di tubuh paus pembunuh tersebut. Tipe A lebih sering memangsa paus minke. Tipe B  yang berukuran sedikit lebih kecil dari tipe A ini sering memangsa anjing laut dan singa laut. Tipe C yang merupakan tipe paus pembunuh berukuran paling kecil ini memangsa ikan - ikan kecil. Sementara tipe D masih menjadi misteri bagi para peneliti.

Paus pembunuh ini membuat berbagai macam suara untuk berkomunikasi, dan masing-masing tipe paus memiliki suara khas mereka sendiri yang dapat terdengar dari kejauhan. Suara tersebut dikenal dengan suara echo. Mereka menggunakan suara tersebut bukan hanya untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk menggoda lawan jenis mereka, berburu, mengukur kedalaman, dan pengunkap lokasi mereka.

Paus pembunuh betina sangat tekenal dalam hal melindungi anak-anak mereka.
17 bulan adalah waktu yang dibutuhkan paus pembunuh betina dalam mengandung anak mereka. Saat di lahirkan, paus pembunuh betina lain juga sering membantu merawat paus yang baru terlahir tersebut. Paus pembunuh biasanya melahirkan setiap 3 sampai 10 tahun setelah 17 bulan mengandung. Masa kematangan seksual pada paus ini adalah saat mereka berumur 15 tahun.

1 komentar:

  1. Thanks for info ya
    Jangan lupa kunjungi website kami juga http://bit.ly/2MHDqgH

    BalasHapus