Sabtu, 16 November 2013

Ikan Lembu Tanduk Panjang (Lactoria Cornuta)


Ikan lembu tanduk panjang ini dapat di temukan di sekitar tumpukan karang indo - pasifik.
Ikan lembu tanduk adalah adalah jenis ikan kotak dari keluarga Ostraciidae. Ikan ini mudah di kenali dengan tanduk panjang menonjol yang ada depan kepalanya yang mirip dengan sapi atau banteng. Ikan lembu tanduk panjang ini dapat tumbuh hingga 20 inci. 

Ketika mencari makan, biasanya ikan lembu tanduk panjang ini menyemburkan jet air dari mulutnya pada permukaan pasir untuk mencari mangsanya yang terkubur di dalam pasir. Ini merupakan metode yang efektif untuk mencari mangsa yang tersembunyi di daerah berpasir. Ikan lembu tanduk panjang adalah hewan omnivora, makanan mereka terdiri dari ganggang bentik, berbagai mikroorganisme, spons, cacing polychaete dari dataran pasir, moluska, krustasea kecil, dan ikan kecil.

Kulit ikan lembu tanduk panjang ini beracun, ketika terancam, ia akan melepaskan racun  
mematikan dari tubuh mereka. Mata ikan lembu tanduk panjang ini dapat bergerak secara bebas, sehingga ikan ini mampu melihat dua arah yang berbeda pada saat yang bersamaan.

Ikan lembu tanduk panjang ini sangat popular untuk dijadikan binatang peliharaan oleh banyak kalangan pencinta ikan. Dalam pemiharaan, ikan ini harus dirawat dan di jaga secara benar agar ikan lembu tanduk ini nyaman dalam lingkungan aquarium yang mereka tinggal. Bila ikan ini stres mereka dapat membunuh penduduk tangki aquarium lainnya dengan racun mematikan mereka. 

Ikan lembu tanduk panjang tidak di rekomendasi untuk dipihara oleh kalangan yang kurang berpengalaman dalam masalah perawatan ikan dan tidak terlalu mengerti tentang aquarium. 
Ikan lembu tanduk panjang ini tidak akan berumur panjang bila di pihara oleh kalangan yang belum berpengalaman tersebut. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar