Selasa, 19 November 2013

Kepiting Laba - Laba Jepang (Macrocheira Kaempferi)


Sesuai dengan namanya, kepiting ini di hidup di perairan laut jepang. Dilaporkan juga kepiting spesies ini ditemukan di daerah lautan timur Taiwan. Kepiting laba - laba jepang mepunyai kaki terbesar dari semua arthropoda yang ada. Panjang kaki kepiting ini dapat tumbuh hingga sepanjang 3,8 meter, dengan berat badan kepiting mencapai 19 kg. Tubuh kepiting laba - laba jepang tercatat dapat tumbuh sampai ukuran 40 cm. Kepiting ini biasanya ditemukan di kedalaman laut 50 meter hingga 600 meter. 

Di jepang kepiting ini diberi nama takaashigani. Para peneliti mencatat bahwa kepiting 
laba - laba jepang dapat hidup sampai dengan 100 tahun. Sangat sulit untuk menangkap kepiting ini karena kepiting ini tinggal di tingkat kedalaman laut yang terbilang sangat dalam. Karena fakta tersebut, kepiting laba -laba jepang terbilang sangat langka di daerah Asia. 

Kepiting laba - laba jepang betina biasanya membawa telur mereka yang sudah dibuahi di pelengkap yang terletak diperut mereka sampai telur kepiting menetas dan menjadi larva - larva plankton kecil.Selama tahap larva, kepiting muda tidak terlihat seperti orang tuanya. Pada tahap ini, larva kepiting laba - laba jepang berwarna transparan dengan bentuk bulat tanpa kaki seperti plankton pada umumnya. Seperti plankton juga, larva kepiting ini melayang - layang terbawa arus lautan.

Kepting laba - laba jepang adalah hewan omnivora, kepiting ini mengkonsumsi baik tanaman dan hewan. Kepiting ini juga kadang-kadang memakan bangkai hewan yang sudah mati. Beberapa telah dikenal untuk mengikis dasar laut untuk mendapatkan tanaman dan ganggang, sementara yang lain membongkar cangkang - cangkang moluska

Kepiting spesies ini masih belum tercatat sebagai hewan terancam punah di IUCN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar