Minggu, 17 November 2013

Malaikat Laut (Gymnosomata)


Malaikat laut ini adalah sejenis siput laut. Tubuh dari hewan ini hampir transparan yang membuat organ internal mereka terlihat. Kedua sisi malaikat laut mengembangkan halus, seperti sayap yang digunakan oleh malaiktat laut ini untuk berenang. Sayap inilah yang memberikan penampilan hewan ini bagaikan malaikat kecil yang terbang di lautan. Spesies terbesar malaikat laut "Clione Limacina" dapat mencapai panjang 5 cm.

Malaikat laut ini dapat ditemukan di seluruh lautan beriklim hangat, sedang dan dingin di seluruh dunia. Diketahui bahwa spesies malaikat laut terbesar di temukan di lautan kutub yang bersuhu dingin. Malaikat laut adalah hewan karnivora. Makanan mereka terdiri dari hewan - hewan invertebrata lainnya termasuk kupu-kupu laut. Beberapa spesies malaikat laut aktif mengejar mangsa mereka dan beberapa hanya menunggu mangsanya lewat.

Malaikat laut memiliki mulut terminal dengan radula yang mirip dengan moluska, dan tentakel untuk menangkap mangsanya, terkadang dengan pengisap yang mirip dengan cumi - cumi. 
Spesies besar malaikat laut yang dikenal dengan "Clione antarctica", membela diri mereka dari predator dengan molekul sintesis yang disebut pteroenone. yang mebuat predator tidak berani memangsa malaikat laut ini.
  
Malaikat laut adalah salah satu hewan yang dapat menjadi hewan jantan dan betina pada waktu yang bersamaan. Satu individu malaikat laut dapat menghasilkan sperma dan sel telur, oleh karena itu malaikat laut adalah hewan yang tidak memerlukan pasangan untuk menghasilkan generasi baru, namun perkawinan dengan dua individu menghasilkan generasi dengan kemampuan beradaptasi yang lebih baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar