Rabu, 20 November 2013

Siput Laut Biru (Glaucus Atlanticus)


Siput laut biru ini dapat di temukan di perairan beriklim sedang dan tropis di samudra Pasifik , samudra Atlantik , dan laut India. Siput unik ini dapat tumbuh hingga 3 cm. Hewan ini mempunyai beraneka macam nama, diantaranya sea swallow, blue angel, blue glaucus, blue dragon, blue sea slug dan blue ocean slug. Siput laut biru ini mengapung di permukaan laut dan dibawa oleh arus dan angin. Sebagian besar dari kita hanya menyadari keberadaan mereka pada saat angin dan arus membawa mereka ke daerah pantai, yang menyebabkan para perenang merasa panik. 

Siput laut biru adalah predator spesialis siphonophores, sejenis ubur -ubur yang sangat berbisa,
serta portuguese man o' war. Portuguese man o' war dan siphonophores ini mempunyai sel - sel penyengat yang sangat menyakitkan sebagai perlidungan mereka terhadap predator yang memangsa mereka. Racun dari portuguese man o' war dan siphonophores ini cukup fatal untuk menusia. Namun siput laut biru ini sama sekali tidak berpengaruh oleh sengatan mematikan dari hewan tersebut.

Siput laut biru mempunyai ketebalan tubuh luar biasa terhadap sengatan dari makanan utama mereka. Memang bisa dibilang sangat luar biasa, siput laut biru ini mengkomsumsi habis siphonophores dan portuguese man o' war. Hebatnya lagi siput laut biru menyimpan racun mereka yang sangat mematikan ini untuk digunakannya sendiri. Racun dari mangsa yang di komsumsi dikumpulkan dalam kantung khusus yang di sebut cnidosacs. Siput laut biru akan menghasilkan sengatan yang jauh lebih kuat dan mematikan dari mangsa yang di komsumsinya.

Bagian dalam mulut siput laut biru serta kerongkongannya dilapisi dengan kutikula keras yang berfungsi untuk menyerap dampak sengatan dan menjaga jaringan otot mereka. Lendir khusus yang siput laut biru ini hasilkan juga berfungsi untuk melindungi mereka dari sengatan. Ini adalah rahasia siput laut biru dalam memangsa dan mengkomsumsi mangsa mereka tanpa resiko tersengat.

Siput laut biru ini terapung di lautan secara terbalik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar