Sabtu, 16 November 2013

Ubur - Ubur Surai Singa (Cyanea Capillata)


Ubur - ubur surai singa diketahui sebagai ubur - ubur terbesar yang pernah ada. Ubur - ubur ini ditemukan di perairan Samudra Atlantik, Arktik dan Pasifik. Bila di ukur dari tubuh sampai dengan panjang tentakelnya, ubur - ubur surai singa dapat mencapai 36.5 meters yang berarti hewan ini lebih besar dari pada paus biru yang merupakan mamalia laut terbesar. Beberapa foto yang di ambil oleh para penyelam menunjukan tentakel ubur -ubur surai singa ini mencapai 60 meter, walaupun belum ada bukti apakah foto yang di ambil adalah asli / nyata.  

Tentakel ubur - ubur surai singa yang dapat berjumlah lebih dari 100 ini memiliki sel - sel penyengat khusus yang disebut nematocytes. Sel-sel ini dapat memberikan dosis neurotoksin dalam jumlah besar kepada hewan lain, yang merupakan bentuk pertahanan utama ubur - ubur surai singa ini. Sengatan ubur - ubur surai singa ini memang tidak terlalu mematikan bagi manusia, tetapi sengatan dari ubur - ubur surai singa ini cukup menyakitkan. Tentakel dari ubur - ubur ini akan  tetap menyengat walaupun tentakelnya terlepas dari tubuhnya, yang berarti sel - sel penyengat dari       ubur - ubur akan tetap bekerja walaupun sang ubur - ubur tewas. 

Bila terkena kontak dari tentakel ubur - ubur surai singa ini, biasanya tubuh korban yang terkena sengatan akan berwarna kemerahan dan terasa seperti terbakar dan kram otot. Bila tidak di obati secara cepat, neurotoksin yang masuk kedalam tubuh akan bekerja dan mengakibatkan korban sesak nafas. Jadi penyelam sangat tidak diajurkan untuk mendekati ubur - ubur surai singa ini. Makanan utama ubur -ubur surai singa adalah plankton, ikan, krustasea kecil dan bahkan ubur-ubur lainnya.

Seperti semua ubur-ubur pada umumnya, ubur-ubur surai singa menghasilkan sel telur dan sperma mereka pada gonad yang terletak dalam rongga pencernaan. Saat sel telur dan sperma di sebarkan ke dalam air, terjadilah pembuahan.

Ubur - ubur ini di percaya oleh beberapa peneliti dan kalangan bahwa ubur - ubur surai singa ini sudah hidup sebelum era dinosaurus, kira -kira lebih dari 650 juta tahun yang lalu, hewan prasejarah yang masih hidup di era ini. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar