Kamis, 14 November 2013

Hiu Putih (Carcharodon Carcharias)


Hiu putih adalah  hiu besar yang dapat ditemukan di permukaan perairan di semua samudra yang ada di bumi ini. Hiu putih sangat dikenal karena ukurannya yang sangat besar yang mampu mencapai panjang hingga 6,1 meter dan berat badan sebesar 2.268 kg. Hiu ini mencapai masa kematangan seksual saat berumur 15 tahun dan dapat memiliki rentang hidup lebih dari 30 tahun.
karena bentuknya yang menakjukkan, hiu ini menjadi motivasi dalam pembuatan sejumlah film yang berhubungan dengan penyerangan yang di lakukan oleh ikan hiu. Hiu putih merupakan predator terbesar di lautan dan di anggap sebagai raja predator dari laut.
   
Hiu putih merupakan salah satu predator utama mamalia laut. Mangsa utama mereka termasuk singa laut, anjing laut, paus bergigi kecil, dan bahkan kura-kura laut, dan bangkai ikan paus, Ia juga dikenal untuk memangsa berbagai hewan laut lainnya, termasuk ikan dan burung laut. 

Dari serangan -serangan hiu di seluruh dunia, sepertiga sampai setengah dapat diatribusikan disebabkan oleh hiu putih. Namun, sebagian besar tidak fatal, dan penelitian baru menemukan bahwa hiu putih yang secara alami ingin tahu, secara tidak sengaja mengira manusia adalah rantai makanan mereka, anjing laut. Biasanya hiu putih yang mengigit manusia melepaskan korban mereka daripada memangsa mereka. Ini menunjukkan bahwa manusia tidak benar-benar pada menu hiu putih.

Hiu putih besar sudah hidup di zaman pertengahan Miosen, buktinya adalah fosil yang diketahui sebagai fosil hiu putih yang berusia sekitar 16 juta tahun lalu. Namun, filogeni dari putih besar masih dalam sengketa perdebatan . Hiu putih di anggap sebagai evolusi dari hiu prasejarah yang sangat terkenal yaitu hiu megalodon. Kemiripan antara sisa-sisa fisik dan ukuran ekstrim yang sama dengan hiu megalodon menyebabkan banyak ilmuwan percaya bahwa hiu ini terkait erat dengan hiu megalodon, namun hipotetis baru menyatakan bahwa hiu megalodon dan hiu putih adalah kerabat jauh.

Hiu putih dapat berenang dengan kecepatan hingga 15 mil per jam. Hiu putih bahkan bisa melompat meninggalkan air seperti yang di lakukan lumba - lumba dan paus ketika menyerang mangsanya dari bawah dan umumnya terjadi ketika hiu putih sedang memangsa burung laut. Mulut hiu putih dipenuhi dengan gigi - gigi tajam yang siap mecabit daging mangsanya, gigi ikan hiu putih mencapai 300 buah

Populasi hiu putih di seluruh dunia memang di kenal banyak, namun akhir - akhir ini banyak
ilmuwan setuju bahwa jumlah hiu putih saat ini menurun drastis, yang di sebabkan oleh penangkapan yang berlebihan, pemburuan hiu secara ilegal, dan yang secara kebetulan tersangkut dalam jaring nelayan dan faktor lainnya. Oleh sebab itu, hiu putih terdaftar sebagai species yang terancam punah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar