Jumat, 15 November 2013

Paus Biru (Balaenoptera Musculus)


Mamalia laut terbesar ini menguasai lautan dengan badanya yang besar. Paus biru adalah mamalia laut terbesar yang hidup di lautan pada zaman ini. Panjang dari paus biru ini adalah 30 meter dengan berat badan yang mencapai 200 Ton. Diketahui bahwa berat lidah dari mamalia laut terbesar ini sama dengan berat seekor gajah dewasa, dan hati mereka sebesar mobil. Paus biru ini termasuk kedalam keluarga Balaenopteridae. 

Paus biru memiliki batas hidup antara 80 sampai 90 tahun, dan pernah tercatat oleh para peneliti bahwa paus biru ini pernah hidup sampai 110 tahun. Makanan utama dari paus biru ini adalah hewan seperti udang kecil yang disebut krill. Dalam waktu-waktu tertentu dalam setahun, paus biru dewasa ini mengkonsumsi sekitar 4 ton krill sehari.

Paus biru ini pernah hampir hilang dari muka bumi pada tahun 1900 - san karena mereka diburu sampai mendekati kepunahan oleh pemburu paus, hingga paus biru ini dilindungi oleh komunitas ikan paus internasional pada tahun 1966. Tercatat sekitar 360.000 paus biru dibantai dan dibunuh pada era 1900 - san.

Paus biru hidup di semua lautan di dunia. Kadang-kadang paus biru berenang dalam kelompok kecil, tetapi biasanya paus biru ini lebih sering terlihat sendirian ataupun berpasangan bersama pasangan mereka. Mereka sering menghabiskan musim panas mereka di perairan kutub dan melakukan migrasi panjang menuju Khatulistiwa pada saat musim dingin tiba.

Paus biru ini berenang pada kecepatan 8 kilometer per jam dan dapat mencapai kecepatan  
32 kilometer per jam disaat paus ini merasa gelisah. Paus biru berkomunikasi dengan menggunakan suara sonar mereka yang terdengar sampai 1.000 mil atau 1.600 kilometer jauhnya. para ilmuwan mencatat bahwa mereka menggunakan vokalisasi suara sonar ini tidak hanya untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk menavigasi kedalaman laut.

Walaupun tercatat sebagai mamalia terbesar, paus biru juga memiliki beberapa pemangsa, diantaranya hiu dan paus pembunuh. Banyak paus biru yang terluka berat atau meninggal setiap tahun karena penyerangan dari hiu dan paus pembunuh ini. Karena fakta inilah paus biru saat ini diklasifikasikan sebagai hewan yang terancam punah di World Conservation Union (IUCN).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar